#7 : KONSEP DESAIN SOFTWARE

Analisis dan desain model

Setelah kebutuhan dikumpulkan, analisis terhadap kebutuhan dilakukan dengan menggunakan beberapa alat (tools) seperti DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram) dan STD (State Transition Diagram). Data Dictionary menjadi bekal dasar untuk menganalisis kebutuhan. Data Dictionary berisi gambaran dari semua objek data yang diperlukan dan dihasilkan oleh software nantinya. Diagram-diagram tadi mempunyai karakteristik masingmasing.

DFD memberi gambaran bagaimana data berubah sejalan dengan alirannya dalam sistem dan menggambarkan fungsi-fungsi yang mengubah datadata tadi. ERD menggambarkan relasi antara objek data. STD menggambarkan bagaimana kerja sistem melalui kondisi (state) dan kejadian yang menyebabkan kondisi berubah. STD juga menggambarkan aksi yang dilakukan karena kejadian tertentu.

 110

Gambar 1: Data Flow Diagram

111

Gambar 2: Entity Relationship Diagram

  Continue reading

#5 : SOFTWARE QUALITY ASSURANCE

Screen Shot 2014-03-14 at 3.15.41 PM

Software perlu dijaga kualitasnya agar standarisasi software dapat terjaga.

PROSES MANAGEMENT MODEL :
1. Proses definition : menyangkut input, proses & output (perencanaan).
2. Test Planning and review : menguji/test produk –> test modul dan test integrasi (1 tahun).
3. Measurement (mengukur) : mencocokan/mengukur produk dan standarisasi.
4. Analysis & reporting : hasil dari mengukur yang dilakukan kemudian dianalisis.

Continue reading

#4 : MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK

ppl

Kategori Personel : Proses melibatkan banyak personel. Pemimpin tim (manajer proyek) harus mempunyai keterampilan cukup, kemampuan : mampu memberi motivasi bawahan, berorganisasi, mampu memberi ide, mampu menyelesaikan masalah, mampu menjadi manajer, mampu menghargai kerja anggotanya.

Continue reading

Cara Menginstal Aplikasi Windows di Macintosh

Banyak aplikasi yang mungkin berguna untuk Anda pengguna Mac OSX tapi hanya hanya tersedia untuk Windows OS. Hal ini memaksa pengguna Mac OSX meng-install Windows di virtual drive atau membuat dua OS di dalam computer Mac mereka. Solusi yang lebih adalah dengan menggunakan WinOnX, Windows emulator untuk menjalankan aplikasi Windows di dalam Mac OSX.

Nokia X Mengusung Android dan Windows Phone sebagai Platformnya

FD5D7673929D6E87D2469D31FFDDB9_h450_w598_m2_q90_cJrHFWkWq

Nokia telah meluncurkan handset Android pertamanya di Mobile World Congress 2014 di Barcelona.

Faktanya, mereka memperkenalkan tiga handset – Nokia X, Nokia X+ dan Nokia XL.

MSN Tech berhasil mendapatkan smartphone baru ini di pameran teknologi di Barcelona – baca terus untuk mencari tahu lebih banyak.

Continue reading

iPad Air dan iPad Mini Retina Display Terbaru dari Apple

iPad Air dan iPad Mini Retina Display

Kabar terbaru bagi anda para pecinta gadget besutan vendor apple mungkin ini adalah hari yang sangat dinanti dimana pihak apple telah secara resmi memperkenalkan perangkat tablet terbaru mereka dan meluncurkan ke pasaran indonesia beberapa waktu lalu. Nama perangkat tersebut adalah iPad Mini Retina Display dan iPad Air. Hal tersebut tentu menjadi langkah bagus untuk vendor apple guna melengkapi armada perangkat selulernya yang sudah terlebih dahulu meluncur ke pasaran tanah air seperti seri lawas iPad Mini dan juga gadget apple lainnya.

Continue reading