Raharja Career – TM1

rc

FORMULIR TUGAS MANDIRI

PADA KEGIATAN RAHARJA CAREER

18 FEBRUARI 2014

 NIM                         : 1314477160

NAMA                     : Juli Misbakhul Kirom

JENJANG               : Sarjana

JURUSAN              : Sistem Informasi

KONSENTRASI   : Komputer Akuntansi

Tangerang, 18 Februari 2014

( Juli Misbakhul Kirom)

Continue reading

Teknologi Terbaru Media Wireless

Pada satelite, komunikasinya menggunakan frekuensi / band, di mana untuk menghubungi site lainnya bisa dilakukan dengan VSAT, kependekan dari Very Small Aperture Terminal, sebuah terminal yang digunakan dalam komunikasi data satelite, suara dan sinyal video
VSAT terdiri dari dua bagian, sebuah transceiver yang ditempatkan di luar (out doors) yang dapat langsung terjangkau oleh satelite dan sebuah alat yang di tempatkan di dalam ruangan yang menghubungkan transceiver dengan alat komunikasi para pengguna, PC misalnya. Transceiver menerima dan mengirim sinyal ke transponder satelit di langit. Satelite mengirim dan menerima sinyal dari sebuah ground station komputer yang berfungsi sebagai hub untuk sistem tersebut. Masing-masing komputer pengguna terhubungkan oleh hub ke satelite, membentuk sebuah topologi bintang (star topology). Hub tersebut mengatur keseluruhan operasional network. Agar sebuah komputer pengguna dapat melakukan komunikasi dengan lainnya, transmisinya harus terhubung dengan hub yang kemudian mentransmisikan kembali ke satelite, setelah itu baru dikomunikasikan dengan komputer pengguna VSAT yang lain.

Continue reading

Sejarah Singkat Perkembangan Android sebagai Sistem Operasi

Sudah tidak asing lagi dengan istilah Android, dari beberapa pihak pengguna selular sering mengaitkan dengan handphone masa kini seperti smartphone android, tablet android, ponsel android dan juga Samsung android. Pengertian android sebenarnya adalah sebuah sistem operasi yang berbasis linux yang dirancang atau di buat untuk perangkat selular seperti smartphone dan PC tablet.

Pada awalnya android dikembangkan oleh Android, Inc.yang didirikan oleh Palo Alto, Tujuan awal dari pengembangan Android adalah untuk pengembangan sebuah sistem operasi canggih yang digunakan di kamera digital. Namun kemudian beralih ke telepon selular untuk menyaingi Symbian dan windows mobile, dan pada tahun 2005 android diakuisisi oleh google.

Pengertian Dan Perkembangan Sistem Operasi Android

Continue reading

EyeMobil Teknologi Bisa Membuat Tablet Dikontrol dengan Mata

Tobii Technology berhasil mengembangkan teknologi eye-tracking yang sudah dikerjakan selama beberapa tahun terakhir. Ide awal pengembangan Teknologi ini adalah untuk menggatikan fungsi mouse, trackpad, dan keyboard dalam pengoperasian laptop.

Tablet Tobii dengan teknologi eyemobile bisa dikontrol dengan gerakan mata
Tablet Tobii dengan teknologi eyemobile bisa dikontrol dengan gerakan mata

Continue reading

Implementasi Model Sistem pada Perusahaan PT. HM Sampoerna

images

PT. HM Sampoerna adalah salah satu dari perusahaan rokok terbesar di Indonesia selain Gudang Garam dan Djarum. Dalam perkembangannya, operasional harian menjadi sangat rumit. Salah satu departemen yang mengalaminya adalah departemen logistik yang pekerjaan hariannya menyatukan data-data persediaan bahan baku, distribusi bahan baku, data produksi. Data-data tersebut terkumpul pada akhir jam kerja, sehingga menyulitkan. Ini dilakukan dengan manual, sehingga bisa dibayangkan sulitnya jika data-data tersebut terdiri dari ribuan data dan memerlukan proses yang lama. Masalah tersebut mendorong PT. HM Sampoerna untuk membangun Teknologi Informasi, yang dimulai pada tahun 1992.

Continue reading

#2 : Siklus Hidup Pengembangan Sistem

Slide1

Siklus Hidup Pengembangan Sistem

1. Perencanaan

  • Perencanaan meliputi :

a. Persiapan

b. Menyusun rencana kerja

c. Memobilisasi tenaga ahli –> bertujuan untuk mempersatukan persepsi

d. Melakukan survei

Alat survei : kuesioner, meliputi biodata(disamarkan), masalah, harapan. Hasil survei –> analis

Misalnya proyek SIS (Student Information System), membutuhkan tenaga ahli:

– Ahli analis & perancangan sistem

– Ahli pemrograman

– Ahli database

– Ahli manajemen pendidikan

– Ahli jaringan komputer
Continue reading

Implementasi Model Sistem pada Perusahaan PT XYZ

    1. a.              LANGKAH-LANGKAH DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI

    Menurut O’Brien keseluruhan proses untuk mendisain dan mengimplementasikan sistem informasi pada suatu organisasi dapat disebut sebagai system analysis and design (SA&D), saat ini banyak pendekatan dari SA&D tersebut tetapi yang paling banyak digunakan adalah :

    1. 1.     Object-oriented analysis and design

    Merupakan program dengan menggunakan objek untuk mendisain aplikasi dan program komputer. Objek yang digunakan oleh programer untuk merancang suatu sistem kemudian digunakan untuk berkolaborasi antar objek tersebut sehingga sistem yang dirancang akan dibuat berdasarkan kolaborasi dari objek yang digunakan.

    1. 2.     Life Cycle approach

    System approach, merupakan pendekatan dari Life cycle approach yang berorientasi pada sistem untuk menentukan permasalahan dan peluang sehingga dapat dikembangkan solusi yang layak dan benar. Salah satu metode yang menggunakan system approach adalah System Development Life Cycle (SDLC).
    Continue reading

Aside

images-1

Tahap-tahap Proyek Perangkat Lunak :

1. Pengenalan proyek perangkat lunak

2. Perencanaan proyek perangkat lunak

3. Konsep dan prinsip analisis

4. Pemodelan analisis

5. Prinsip dan konsep desain

6. Metode desain

7. Teknik pengujian perangkat lunak

8. Strategi pengujian perangkat lunak

9. pemeliharaan perangkat lunak Continue reading

#1 : Rekayasa Perangkat Lunak dan Penjelasannya